Banner 468 x 60px

 
Operator Kec. Tirtayasa merupakan Wadah Organisasi yang di bentuk oleh Dinas Pendidikan Kec.Tirtayasa pada tanggal 27 Juli 2013 untuk Memenejemen dan mengelola sebuah Sekolah yang sekarang berbasis WEB

Wednesday, May 27, 2020

Format Pengamatan Praktik Pembelajaran dan Penilaian

0 comments

Format Pengamatan Praktik Pelaksanaan Pembelajaran dan Penilaian
(Tematik Terpadu/Mata Pelajaran)

Nama Peserta  : _________________________________________
Kelompok         :  ________________________________________
Kelas                 : _________________________________________
Tema/Subtema/Mapel         : _________________________________________


Aspek
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
Pendahuluan
1.  Mengucapkan salam dan mengajak berdo’a;
2.  Mengajak bernyanyi lagu-lagu nasional;
3.  Membacakan buku bacaan selama 15 menit sebelum kegiatan belajar di mulai;
4.  Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan;
5.  Mengaitkan materi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari sebagai apersepsi;
6.  Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan garis besar kegiatan yang akan dilakukan; dan
7.  Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.





Kegiatan Inti
1.  Menguasai materi pembelajaran dengan seperangkat nilai-nilai utama karakter, budaya/kearifan lokal dan mampu mengaitkan materi dengan kecakapan literasi terkait dengan kehidupan nyata;
2.  Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai dan disajikan secara sistematis;
3.  Menyajikan pembelajaran yang memadukan antara lain keterpaduan antarmuatan pelajaran, keterpaduan antara sikap/nilai karakter, literasi, pengetahuan, dan keterampilan serta keterpaduan muatan pelajaran dengan tema/mata pelajaran;
4.  Menyajikan pembelajaran dengan mengintegrasikan budaya daerah/kearifan lokal;
5.  Menyajikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan dan model pembelajaran yang tepat;
6.  Menunjukkan keterampilan berkomunikasi dalam penggunaan  media dan sumber belajar; dan
7.  Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar (buku, model alat peraga, lingkungan).





Penilaian
1.  Melaksanakan penilaian sikap.
2.  Melaksanakan penilaian pengetahuan.
3.  Melaksanakan penilaian keterampilan.




Penutup
1.  Menfasilitasi dan membimbing peserta didik  merangkum materi pelajaran;
2.  Menfasilitasi dan membimbing peserta didik  untuk merefleksi proses dan materi pelajaran;
3.  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.  Merencanakan kegiatan tindak lanjut, khusus bagi peserta didik yang membutuhkan pelayanan khusus diberikan bantuan psiko-edukasi, dan remedial / pengayaan;
5.  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya;
6.  Menyanyikan lagu daerah yang sesuai dan patut untuk peserta didik;
7.  Berdoa.





Panduan penskoran:
Peringkat
Kriteria
SangatBaik  ( SB)
·         91-100%  aspek yang dinilai terpenuhi dan dilakukan dengan tepat.
Baik  (B)
·         76-90%  aspek yang dinilai terpenuhi dan dilakukan dengan tepat
Cukup (C)
·         50-75%  aspek yang dinilai terpenuhi dan masih perlu ditingkatkan
Perlu Bimbingan (PB)
·         <50% aspek yang dinilai terpenuhi dan masih perlu  ditingkatkan.



0 comments:

Post a Comment