Format Pengamatan
Praktik Pelaksanaan Pembelajaran dan Penilaian
(Tematik Terpadu/Mata Pelajaran)
Nama Peserta : _________________________________________
Kelompok : ________________________________________
Kelas :
_________________________________________
Tema/Subtema/Mapel :
_________________________________________
Aspek
|
Kriteria
|
|||
Sangat
Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
|
Pendahuluan
1. Mengucapkan salam dan mengajak
berdo’a;
2. Mengajak bernyanyi lagu-lagu
nasional;
3. Membacakan buku bacaan selama 15
menit sebelum kegiatan belajar di mulai;
4. Mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan;
5. Mengaitkan materi yang sudah
dipelajari sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari sebagai apersepsi;
6. Menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai dan garis besar kegiatan yang akan dilakukan; dan
7. Menyampaikan lingkup dan teknik
penilaian yang akan digunakan.
|
|
|
|
|
Kegiatan Inti
1. Menguasai materi pembelajaran
dengan seperangkat nilai-nilai utama karakter, budaya/kearifan lokal dan
mampu mengaitkan materi dengan kecakapan literasi terkait dengan kehidupan
nyata;
2. Melaksanakan pembelajaran sesuai
dengan kompetensi yang akan dicapai dan disajikan secara sistematis;
3. Menyajikan pembelajaran yang
memadukan antara lain keterpaduan antarmuatan pelajaran, keterpaduan antara
sikap/nilai karakter, literasi, pengetahuan, dan keterampilan serta
keterpaduan muatan pelajaran dengan tema/mata pelajaran;
4. Menyajikan pembelajaran dengan
mengintegrasikan budaya daerah/kearifan lokal;
5. Menyajikan pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan dan model pembelajaran yang tepat;
6. Menunjukkan keterampilan
berkomunikasi dalam penggunaan media
dan sumber belajar; dan
7. Menumbuhkan partisipasi aktif
peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar (buku,
model alat peraga, lingkungan).
|
|
|
|
|
Penilaian
1. Melaksanakan penilaian sikap.
2. Melaksanakan penilaian
pengetahuan.
3. Melaksanakan penilaian
keterampilan.
|
|
|
|
|
Penutup
1. Menfasilitasi dan membimbing
peserta didik merangkum materi
pelajaran;
2. Menfasilitasi dan membimbing
peserta didik untuk merefleksi proses
dan materi pelajaran;
3. Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
4. Merencanakan kegiatan tindak
lanjut, khusus bagi peserta didik yang membutuhkan pelayanan khusus diberikan
bantuan psiko-edukasi, dan remedial / pengayaan;
5. Menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya;
6. Menyanyikan lagu daerah yang
sesuai dan patut untuk peserta didik;
7. Berdoa.
|
|
|
|
|
Panduan penskoran:
Peringkat
|
Kriteria
|
SangatBaik ( SB)
|
·
91-100% aspek yang dinilai terpenuhi dan dilakukan
dengan tepat.
|
Baik (B)
|
·
76-90% aspek yang dinilai terpenuhi dan dilakukan
dengan tepat
|
Cukup (C)
|
·
50-75% aspek yang dinilai terpenuhi dan masih
perlu ditingkatkan
|
Perlu Bimbingan (PB)
|
·
<50%
aspek yang dinilai terpenuhi dan masih perlu
ditingkatkan.
|
0 comments:
Post a Comment